Monday, October 21, 2013

cerita tutorial blok hemato

Cerita tutorial blok hematoimunologi ini mungkin menjadi titik dimana saya mulai berpikir kearah logika berpikir dokter yang sebenarnya, dengan segala kehormatan saya berikan rasa terima kasih atas bimbingan dr. Rahmat Syuhada, Sp.M selaku pengajar tutorial di blok ini, dimulai dengan kasus hemofilia dan leukimia yang menghantarkan dilema berpikir yang saya harapkan, beliau sangat membimbing kami dalam menegakkan diagnosa secara kritis, cerdas dan efektif. Beliau juga lah yang memberikan motivasi saya untuk menulis cerita ini, sekaligus membuat rangkuman ilmu kedokteran di media blog, bukan dengan kata-kata tetapi bentuk berpikir yang beliau tularkan kepada kami, ketika tutorial pun beliau membimbing cara bepikir kami yang masih tidak rapih, terkesan catch point directly, tidak terstruktur dll, justru ketika beliau menata cara bepikir untuk menegakkan diagnosa kasus itulah yang memulai saya termotivasi untuk berpikir kritis dan sistematis dikasus berikutnya, tapi masih saja strategi berpikir saya masih ada kesalahan setelah beliau nilai, hal yang sangat saya pelajari dari beliau adalah untuk menegakkan diagnosa segala aspek kemungkinan harus kita perhitungkan, jadi kita harus memperluas materi bacaan kita sebelumnya dan kritis tentunya.  
Memang sejak dulu saya kurang bisa menerima gaya tutorial yang biasa kami pakai, karena menurut saya cara yang biasa kami lakukan itu tidak berefek apa-apa, apalagi ditambah dengan dosen bimbingan yang hanya diam saja, oleh karena itu ketika kelompok kami dapat pengajar tutorial yang killer, agak seram, galak tapi membimbing itulah hal yang paling saya tunggu, dan sungguh sangat mengesankan.
Semoga dengan inspiring blok ini bisa menambah angka persentase kerajinan saya untuk menulis, merangkai kalimat yang nantinya bisa saya ingat kembali jika saya tua..hee

11 Okt. 13  

No comments: