Thursday, January 31, 2013

Strategi Belajar di Perguruan Tinggi



Belajar di perguruan tinggi berbeda dengan belajar di sekolah menengah atas. Ketika kita belajar di perguruan tinggi, kita dituntut untuk menjadi dewasa. Artinya, mahasiswa perlu mandiri dan disiplin pribadi dalam belajar. Hal ini tidak seperti saat duduk di bangku sekolah yakni belajar sangat bergantung pada kehadiran seorang guru.
Di bangku kuliah, mahasiswa dituntut untuk belajar sendiri dan mandiri, meski dosen tidak masuk memberikan perkuliahan namun mahasiswa harus tetap belajar dan membaca. Sebab kedatangan mahasiswa ke kampus bukan sekedar untuk mencatat materi kuliah dari dosen, melainkan dituntut untuk berlatih dan berdiskusi. Mahasiswa juga harus lebih aktif mencari ilmu pengetahuan daripada dosen, karena fungsi dosen hanya sebagai fasilitator pembelajaran.
Untuk meraih kesuksesan studi di perguruan tinggi, mahasiswa perlu memiliki strategi pembelajaran. Ada beberapa tips jitu yang perlu dicoba bagi kalian yang ingin meraih sukses studi di dunia kampus yaitu:
Tetapkan tujuan
Kita perlu menetapkan tujuan jangka pendek, menengah dan panjang yang realistik. Setelah menentukan tujuan, kita harus memiliki strategi dan taktik untuk meraih tujuan tersebut secara cepat dan tepat.
Jadwalkan kegiatan secara cermat
Setiap mahasiswa perlu menyusun jadwal kegiatan setiap hari. Ketika kita memiliki jadwal kegiatan maka waktu, pikiran dan energi akan difokuskan pada kegiatan belajar dan aktifitas pribadi. Bila tidak memiliki jadwal maka kegiatan dan aktifitas kita tidak akan teratur.
Kembangkan kebiasaan belajar efektif
Selama duduk di bangku kuliah, mahasiswa harus memiliki kebiasaan belajar yang efektif. Hal ini penting agar semua matakuliah bisa dipelajari dengan baik. Gunakan sejumlah waktu secara efesien dan tetapkan prioritas untuk meraih tujuan.
Kerjakan semua proses kuliah
Hadir setiap proses perkuliahan dan mengerjakan seluruh tugas kuliah sangat penting untuk meraih kesuksesan akademik. Sepadat apapun aktifitas, mahasiswa harus mengusahakan untuk menghadiri proses perkuliahan. Sebab kehadiran tatap muka perkuliahan berpengaruh terhadap penilaian hasil belajar.
Pahami para dosen
Mengenali karakter para dosen penting untuk menjalin komunikasi yang lancar dengan mereka. Ajukan pertanyaan-pertanyaan yang relevan dengan matakuliah yang diberikan dan sesuaikan cara belajar Anda dengan gaya mengajar mereka.
Taati kebijakan dan peraturan kuliah
Setiap perguruan tinggi memiliki peraturan akademik masing-masing yangg harus diperhatikan agar proses studi mahasiswa menjadi lancar. Anda harus memahami peraturan akademik, kurikulum, mata kuliah, dan prasyarat tertentu di tempat kuliah. Jangan melanggar kebijakan dan aturan yang sudah ditentukan oleh pihak kampus.
Manfaatkan sarana dan prasarana kampus
Setiap kampus memiliki sarana untuk menunjang proses perkuliahan dan aktifitas mahasiswanya. Anda harus bisa memanfaatkan fasilitas yang tersedia di kampus secara maksimal misalnya perpustakaan, gelanggang olahraga, pusat bahasa dan fasilitas lainnya. Pemanfaatan sarana dan prasarana secara efektif dan efesien bisa menunjang proses pembelajaran berjalan dengan baik.
Aktif di kegiatan non-akademik
Selain Anda harus fokus di prestasi akademik, mahasiswa juga perlu fokus di bidang non-akademik. Tetapi perlu juga kamu mencari pengalaman dalam bidang non-akademik yang sesuai dengan bakat dan minat Anda. Belajar adalah awal dari kehidupan kerja Anda. Nikmati prosesnya dan Anda bisa bergabung dengan klub musik, klub informatika, klup sains dan lainnya. Anda sendirilah yang akan menentukan masa depan Anda. [Sumber: Putri Chaerunisa]

http://www.lazuardibirru.org/gurupencerah/tipsjitu/strategi-belajar-di-perguruan-tinggi/?utm_source=detik&utm_medium=artikel-guerilla-forum&utm_campaign=lazuardibirru-guerilla-forum

No comments: