Thursday, June 19, 2014

diversity

malam!



kadang kita hidup dengan presepsi masing-masing
kadang kita juga kita hidup dengan mengikuti pendapat orang lain
dan mungkin ada pula yang  let it flow
tak ada salahnya tapi memang berbeda hasilnya, inilah yang saya sebut life diversity
saya kagum dengan diversity , tanpa diversity mungkin tak ada similiar*

saya memang orang yang menjunjung tinggi pendapat dan keyakinan orang lain, keyakinan yang menurut saya kaidah yang tidak bisa diganggu gugat antar habluminannas (antar manusia), ini masalah gue dan Tuhan, ya begitu singkatnya

keanekaragaman itu menciptakan kebaikan, tanpa perbedaan kita tak mengenal dua sisi kehidupan, baik dan buruk
karena semua sama, kesamaan mungkin tak akan memberikan banyak pelajaran
Tuhan tak mungkin tak memiliki maksud menciptakan perbedaan, tapi Tuhan hendak mendekatkan kita satu sama lain, belajar dan menggali perbedaan agar mengisi kekosongan dan menambah ilmu kehidupan

Perbedaan memang menjadi cerita utama dalam sejarah umat manusia
contohnya ketika perbedaan warna kulit atau ras menjadi polemik di amerika dan beberapa negara atau perbedaan agama yang pelik terhadap umat yahudi di jerman, islam di palestine, israel, myanmar atau perbedaan si kaya dan miskin yakni antara berlian dan batu kerikil, antara roti dan nasi, atau antara aku dan dia*

olehkarena itu kembali saya tegaskan, apa arti hidup menurut kalian?
ketika kalian hidup dengan presepsi kalian maka percayakan benar-benar keyakinan itu
ketika kalian hidup dengan mengikuti pendapat orang kebanyakan maka pertanyakan apakah benar atau dibuat benar, ataukah salah atau dibuat salah?
atau let it flow like a road in the river juga tak masalah

tapi semua kembali, untuk apa kalian hidup?

ketika polemik dan masalah muncul karena perbedaan sungguhpun saya juga tak mempermasalahkan, karena saya tahu itulah sifat manusia, dan itulah diversity
konflik atas perbedaan kerap muncul dikehidupan kita, antara kamu dan aku*, atau antara aku dan dompetku* atau antara aku dan dia*

perbedaan, sebuah kata yang saya kagum, kata sederhana yang meciptakan sejarah panjang umat manusia, lantas, kembalilah kalian berpikir, untuk apa sebenarnya kalian hidup?

Yakinlah atas keyakinan anda

Maha Benar Tuhan dengan segala firmanNya




No comments: