Monday, December 17, 2012

Membuka tempurung itu penting!

dikala hidup dalam tempurung
tempat dimana jarak antara semua hal adalah amat dekat
masa dimana rentang waktu adalah amat singkat
pelajaran yang bisa diambil pun adalah amat sedikit manfaat
oleh karena itu pilihan untuk keluar dari tempurung ini adalah amat tepat

bermula ketika ku tahu kondisi disini adalah tidak begitu mumpuni untuk menjadi parameter hidup sukses, dengan keadaan yang mengkondisikan cara berpikir dan bertindak sebatas apa yang bisa dilakukan. Banyak dari lingkungan, keadaan dan kondisi yang justru tidak sama sekali memberikan peningkatan untuk cara berpikirku, tak memberikan pelajaran kedepan, tapi sebatas apa yang bisa dilihat besok. inilah yang mengguggah hatiku untuk bertindak diluar kondisi ini, yaitu keluar dalam tempurung ini dan mulai belajar dalam lingkungan yang lebih luas.

"wah keadaan diluar amat sangat berkembang?"

mungkin ini yang bisa ku tuliskan betapa keadaan diluar adalah begitu progresif untuk berkembang maju, mereka bekerja berdasarkan cara berpikir kreatif, logis dan sistematis. yak "sistematis" , mungkin ini yang memang menjadi pelajaran terpenting, bahwa dalam meningkatkan cara berpikirku adalah dengan berpikir sistematis, mengkondisikan keadaan dalam sudut pandang kritis, logis dan praktis.

pernah suatu hari salah satu lecture oleh dokter ahli ortopedi mengajarkan kami untuk berpikir sistematis, tapi   kuberpikir bahwa ini pekerjaan yang melelahkan ( 5W1H method). dan bermula ketika salah satu teman mengajarkan betapa berpikir sistematis ini penting untuk mengelola cara bepikir baik dikedokteran, dari situlah ku HARUS berpikir dan bertindak dengan sistematis.

juga, diluar sana mereka bertindak cepat dan kreatif untuk bisa, paham dan mengerti setiap pelajaran yang masuk, dengan methode mencatat, membaca, berlatih, dan terus berlatih. ini juga mengingatkanku dengan metode prof wahyu yaitu lingkaran setan. yak begiutlah mungkin pelajaran untuk belajar diluar tempurung ini.

"begitu pesatnya diluar, aku tak boleh ketinggalan"

No comments: